Kamis, 29 Maret 2012

Manusia dan Tanggung jawab

Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah memberi jawab dan menanggung akibat yang terjadi oleh pilihan itu sendiri. Pada dasarnya tanggung jawab sudah tertanam dalam diri manusia, karena pada setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia akan menimbulkan suatu tanggung jawab dalam diri manusia itu masing-masing. Jika seseorang tidak bertanggung jawab atas pilihan yang dia ambil sendiri maka akan ada orang lain yang memaksa dia untuk bertanggung jawab dalam bentuk hal lain atau dengan memaksanya melakukan hal yang bisa mempertanggung jawabkan pilihan yang dia pilih. Tanggung jawab itu bisa dilihat dari dua sisi dari sisi pelaku maupun orang lain yang terlibat, jika dari sisi pelaku dia menyadari apa yang menjadi hal yang harus ditanggung jawabkan dari keputusan yang dia ambil, sedangkan dari sisi orang lain yang terlibat mungkin saja dia membantu meringankan beban tanggung jawab orang yang tidak mempertanggung jawabkan pilihannya. sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi baik karena tindakan diri sendiri, orang lain atau demi pengorbanan terhadap sesuatu yang dia cintai.

Tanggung jawab itu sendiri bisa dibagi 5
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
   
    Mungkin kalau dilihat dari sisi ini rasanya sepele tapi sebenarnya manusia bertanggung jawab atas tubuhnya seperti menjaga kesehatan diri sendiri, meningkatkan ilmu dan mengembangkan sifat dan kemampuan diri sendiri agar dapat menghadapi berbagai masalah di masa depan. jika seseorang tidak bisa mendapatkan hal itu maka bisa dibilang orang itu tidak bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.


2. Tanggung jawab terhadap keluarga

  Tentunya sebagai manusia kita memiliki keluarga dimana tanggung jawab kita dalam keluarga adalah membuat anggota keluarga kita bahagia, anak membahagiakan orang tua. suami membahagiakan istri, orangtua membahagiakan anak. Bisa dibilang setiap anggota keluarga berkewajiban membuat anggota keluarga lain bahagia walau harus berkorban.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

   Untuk yang satu ini mungkin lebih bisa dibilang bertanggung jawab atas pilihan atau tindakan yang dilakukan saat berhubungan dengan orang lain  di masyarakat sekitar sehingga tentunya menyebabkan suatu kewajiban bagi seseorang untuk dapat menjaga kedamaian dan ketentraman masyarakat disekitarnya.

4. Tanggung jawab terhadap negara

   Kita tinggal di suatu daerah yang dikuasai oleh suatu negara. Tentunya kita bisa menjalani hidup untuk memenuhi kebutuhan hidup karena negara mengurus hal-hal lainnya. jelas hak kita adalah dapat hidup menjalani kehidupan dengan damai tapi kita juga memiliki kewajiban yang harus kita lakukan untuk negara dengan melaksanakan peraturan-peraturannya dan juga melindungi negara ini sendiri.

5. Tanggung jawab terhadap tuhan

  Sebagai makhluk ciptaan tuhan kita memiliki kewajiban yang sudah melekat erat di diri kita semenjak kita masih kecil yaitu menjauhi larangannya dan melakukan perintahnya. Dimana pertanggung jawabannya akan diminta di dunia sana bukan di dunia ini. Tapi setidaknya kita bisa memperbaiki atau mencegahnya dengan ,melakukan perintahnya.


Kalau ngebahas tentang tanggung jawab, pastinya saya sendiri sebagai penulis di blog ini juga punya tanggung jawab yang berbeda-beda tergantung status yang saya pakai. contoh di blog ini kewajiban saya ya mengisi blog ini dengan posting-posting, tapi gimana ya kalau dalam status mahasiswa?


saat di status mahasiswa maka seseorang punya tanggung jawab atas semua pilihan yang dipilihnya, tapi tanggung jawabnya tidak hanya terikat dalam hal belajar tapi juga mengembangkan diri sendiri sambil belajar dan mencoba mempraktekan hasil dari belajar maupun pengembangan diri di masyarakat agar baik diri sendiri maupun orang lain tidak akan merasa kesulitan dan dapat hidup dengan bahagia. yah, bisa dibilang kewajiban Mahasiswa itu bukan belajar tapi lebih tepatnya mengembangkan diri sendiri agar bisa menghadapi krisis-krisis yang akan terjadi kedepannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar