Senin, 12 Maret 2012

Apakah Ilmu Budaya dasar worth untuk dipelajari ?


 Pengertian Ilmu Budaya Dasar

            Pada awalnya saya pikir yang namanya ilmu budaya dasar itu sama kayak Budaya yang membahas tentang kebudayaan yang ada disekitar kita ini. Tapi ternyata saya salah, Ilmu budaya dasar itu ternyata adalah ilmu yang mengajarkan tentang konsep dasar manusia yang dapat dikembangkan kedalam berbagai aspek untuk mengkaji berbagai masalah dan budaya yang ada di lingkungannya.
            Kata ilmu budaya dasar yang digunakan di Indonesia itu berasal dari bahasa inggris “Basic Humanities”. Dimana Basic Humanities berawal dari bahasa latin Humanus yang memiliki arti sebagai manusia yang berbudaya dan halus. Maka dari itulah dengan belajar Basic Humanities atau ilmu budaya dasar diduga dapat membuat orang itu menjadi orang yang lebih manusiawi, berbudaya dan juga lebih halus terhadap lingkungan dan orang disekitarnya. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Ilmu budaya dasar (Basic Humanities) itu adalah ilmu yang punya hubungan erat dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang berasal dari dalam nilai-nilai yang ada dalam tiap orang yang saling berhubungan dengan satu sama lain. Maka dari itulah untuk menjadi manusia yang baik dan maka seseorang harus mempelajari Ilmu budaya dasar agar dia dapat memahami dan bertanggung jawab atas segala hal yang dia lakukan.
            Ilmu budaya dasar itu tidak termasuk dalam 3 dari ilmu pengetahuan besar yang dinyatakan oleh Prof.Dr.Harsya Bachtiar. Dimana menurut Prof. Harsya 3 ilmu pengetahuan besar yang berlaku di dunia ini adalah Ilmu Ilmiah, Ilmu sosial dan Pengetahuan budaya. Tentunya tanpa perlu dikatakan sudah jelas bahwa ilmu budaya dasar termasuk dalam  Pengetahuan Budaya. Tapi, sebelum membahas lebih dalam tentang Ilmu budaya dasar, coba kita lihat perbedaan antara 3 ilmu pengetahuan besar itu:

1.      Ilmu pengetahuan alamiah ( Natural Science)
Kalau mendengar yang namanya Natural Science pasti yang terbayang adalah ilmu yang dipenuhi oleh rumus-rumus yang dikatakan sudah pasti 100% benar, padahal Science itu sendiri belum tentu 100% benar karena masih harus dibuktikan terlebih dahulu baru jadi 100 %. Science adalah ilmu yang menggunakan metode ilmiah untuk mengkaji segala kejadian yang ada di Bumi. Metode ilmiah ini didasari dengan hukum-hukum yang mengikat suatu kejadian sehingga dapat menghasilkan hasil analisis yang dapat diolah menjadi prediksi ketika kejadian yang sama terulang. Dalam ilmu ini hanya mengenal 2 hal benar dan salah. Hal ini disebabkan jika terjadi sedikit kesalahan maka semuanya akan langsung gagal. Beberapa ilmu yang tergolong dalam ilmu ini adalah, Biologi, Fisika, Kimia dan Astronomi.

2.      Ilmu Sosial ( Social Science)
Ilmu sosial adalah ilmu yang menerapkan hasil dari metode ilmiah dalam kehidupan dan hubungan antar manusia untuk mendapatkan suatu hasil. Tapi hasil yang dihasilkan oleh ilmu ini tidak akan pernah bisa menyentuh 100% benar, karena adanya factor yang tidak bisa dipastikan dalam ilmu ini yaitu hubungan antar manusia yang berbeda-beda satu sama lain dan selalu berubah di setiap waktu. Beberapa ilmu yang menganut ini ada dalam Sosiologi, Ekonomi dan Geografi.

3.      Pengetahuan Budaya ( The Humanities)
The Humanities adalah ilmu yang berusaha memahami kejadian dari sisi manusiawi. Cara yang digunakan pun tidak berdasarkan oleh metode ilmiah dimana kebanyakan caranya unik yang memiliki arti sendiri-sendiri. Arti dari setiap cara itu hanya sedikit terpengaruh dari hasil metode ilmiah.
The Humanities dibatasi sampai pengetahuan tentang keahlian seni dan filsafat. Dimana keahlian itu terbagi-bagi menjadi berbagai seni  seperti seni tari, seni rupa,seni music dll. Sedangkan Ilmu budaya dasar adalah usaha untuk memberikan pemahaman  konsep-konsep  masalah dan budaya yang ada dengan menggunakan berbagai pengertian yang ada dalam pengetahuan budaya. Dari pemahaman konsep itulah dapat dikembangkan wawasan pemikiran dan  kepekaan dalam memahami masalah- masalah manusia dan budaya. Dimana yang membedakan Ilmu budaya dasar dengan Pengetahuan budaya adalah jika pengetahuan budaya mempelajari nilai-nilai dalam manusia sebagai makhluk budaya maka ilmu budaya dasar mempelajari tentang pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Tentunya sebagai salah satu dari ilmu pengetahuan ilmu budaya dasar ada untuk mengajarkan atau lebih tepatnya menanamkan suatu ilmu pada orang yang mempelajarinya. Dari pemahaman diatas jelas-jelas bahwa ilmu budaya dasar bukan untuk seseorang mempelajari sebuah keahlian seperti tari dan sejenisnya. Tapi ilmu budaya dasar adalah ilmu yang ada untuk mengembangkan kepribadian Mahasiswa dengan cara memperluas wawasan dan pemikirannya agar dapat menilai nilai-nilai budaya yang menyangkut orang lain, lingkungan sekitarnya dan terutama yang terjadi pada dirinya sendiri.
Dan demi mencapai tujuan itu maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapainya.
1.  Dengan melatih kepekaan Mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kondisi yang ada dilingkungannya sehingga dia dapat cepat beradaptasi dengan segala kondisi yang akan terjadi saat dia menjalani kehidupan kerja yang dia dapat.
2.  Memperluas pandangan Mahasiswa terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan manusia dan budaya agar mereka tidak hanya diam saja saat terjadi hal-hal seperti itu di hadapannya.
3.    Memperluas pandangan Mahasiswa terhadap segala hal agar mereka tidak berpikiran sempit dalam memecahkan masalah yang ada dan dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang lebih besar dan luas.
4.       Meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dengan cara mengadakan dialog-dialog antar mahasiswa dalam pengajaran mata kuliah dengan harapan setelah perkuliahannya selesai mereka dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan baik.

Nah setelah melihat penjelasan itu maka dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa masih harus mempelajari ilmu budaya dasar untuk dapat mengembangkan kepribadian yang bisa digunakan dalam menjalani hubungan dengan orang lain dan menghadapi permasalahan yang ada di kehidupannya saat sudah memasuki  dunia kerja




sumber dasar http://dimazmarham.blogspot.com/2010/04/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar