Senin, 02 Januari 2012

Percaya diri berlebih adalah tiket menuju kegelapan

Psikolog W.H.Miskell di tahun 1939 telah mendefinisikan arti percaya diri dalam bukunya yang bertuliskan “Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.” Tak lain halnya psikolog ultra kondang maslow yang berkata “Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri. Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri. Sementara itu, kurangnya percaya diri akan menghambat pengembangan potensi diri. Jadi orang yang kurang percaya diri akan menjadi seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan, serta bimbang dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain".


ya kalau dilihat dari dua definisi diatas jelas-jelas percaya diri adalah sifat yang bagus untuk dimiliki oleh tiap orang. Lantas kenapa judulnya begitu ???

Hal ini karena jika percaya diri itu berlebih yang ada bukanlah mengenal dan memahami diri sendiri lebih baik daripada sebelumnya tapi yang ada membuat diri sendiri lengah dan menganggap orang lain sebagai gangguan yang ada disekitarnya. Hal ini sudah ane rasakan sendiri dalam semester pertama kuliah ini, dimana karena terlalu percaya diri ama diri sendiri ane lengah dan kurang persiapan dalam menghadapi UTS pertama di masa-masa kuliah ini.
Tapi bukan berarti kurang percaya diri itu baik. Jika kurang percaya diri dapat menyebabkan kita bergantung pada orang lain dan hanya bisa mengikuti apa yang dilakukan orang lain agar dia tidak terlalu jauh dari apa yang dilakukan orang yang disekitarnya. 

Lantas yang bagus gimana????
ya, menurut pendapat ane sih ya percaya diri itu baik dimana kita setidaknya memiliki suatu jalan yang bisa kita lalui dengan pasti bukan hanya melihat atau meniru orang lain. Tapi walau begitu kita tetap harus selalu mempersiapkan dan selalu waspada dalam menjalani jalan yang kita percayai sendiri. Jika jalan yang dipercaya oleh diri sendiri itu membuat orang lain menjauhi diri kita itu lebih membutuhkan persiapan dan kewaspadaan yang lebih tinggi daripada biasanya. Ya intinya janganlah terlalu mengganggap remeh suatu masalah tapi jangan juga terlalu dianggap susah karena pasti itu akan membawa diri sendiri ke dalam kegelapan.

a little source from

Tidak ada komentar:

Posting Komentar