Rabu, 04 Januari 2012

Pemahaman negara unik by me

seperti yang kita ketahui Negara itu didefinisikan oleh banyak ahli yang tentunya tiap ahli tidak selalu memiliki pandangan yang sama satu sama lain walau beberapa inti dari yang mereka definisikan saling terhubung. Berikut adalah beberapa ahli yang mendefinisikan negara :

Prof. Farid S. : Negara adalah Suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan.
Roger H. Soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
Aristoteles : Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.


Dari 3 definisi negara diatas, saya paling suka dengan pernyataan Aristoteles dimana Negara itu adalah perpaduan dari keluarga yang kemudian bertambah banyak dan membentuk Negara dimana memiliki tujuan untuk saling membahagiakan satu sama lain. Saya mendapatkan pemahaman ini ketika menonton anime berjudul Maji de watashi ni koi shinasai (Majikoi). Di situ dikatakan bahwa suatu Negara itu terbentuk karena satu sama lain ingin melindungi orang yang mereka sayangi satu sama lain. Nah, dengan begitu jika seorang Kepala Keluarga ingin melindungi keluarga yang dia sayangi dan juga beberapa temannya yang bisa dibilang sebagai best friend akan meluas karena yang ingin dia lindungi juga memiliki orang lain yang ingin mereka lindungi.

Dari hubungan rasa sayang dan ingin melindungi satu sama lain ini lah yang kemudian membentuk yang dinamakan Negara. Ditambah selain membentuk yang namanya Negara jika hubungan ini berlanjut sampai ke setiap manusia di seluruh dunia, bukanlah mimpi untuk menggapai yang namanya Perdamaian Dunia dan kehidupan yang sejahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar