Sabtu, 15 Juni 2013

konflik umat buddha dan islam di Burma

Kali ini saya akan membahas konflik yang terjadi di Burma(Myanmar). Di Burma ada penganut agama Buddha tidak ingin ada penganut muslim tinggal di daerah mereka. Sampai akhirnya ada geng motor yang merealisasikan kepercayaan mereka dalam bentuk tindakan. Pada tanggal 28 mei 2013.

Hal ini menyebabkan umat muslim di Burma harus mengungsi ke daerah lain. Parahnya rumah dan toko-toko umat muslim dibakar oleh geng tersebut sehingga menyebabkan kerugian yang ditanggung mereka tidak lah kecil

Konflik ini didasari dengan perbedaan pendapat tentang agama apa yang dianut dan perebutan wilayah. Para anggota geng ingin membuat Burma sebagai daerah umat buddha sehingga berusaha membunuh/ mengusir umat islam.

Konflik ini bisa diselesaikan dengan kompromi satu sama lain. Mungkin tidak akan mudah tapi selain dengan kompromi antar sesama. Konflik ini tidak akan terselesaikan tanpa tambahan korban atau bahkan tidak akan selesai terus menerus. Pemerintah harus bisa berkompromi dan membuat peraturan yang dapat disetujui oleh kedua pihak. Dengan begitu konflik ini bisa dikontrol dengan baik.


Walau begitu hal itu tidak akan menghilangkan perasaan di penganut dari kedua agama tersebut. Tapi bisa dijadikan bahan motivasi untuk bisa mematuhi ajaran agamanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar